Breaking News

Lokasi Tempat Sekolah Pelatihan Dangerous Goods Staff Airlines / Petugas Bandara



Berkarier di dunia penerbangan tidaklah mudah. Banyak hal dalam proses penerbangan yang sebaiknya mereka ketahui. Salah satunya adalah pengetahuan mengenai barang berbahaya. Karena selain faktor human error , kemungkinan adanya barang berbahaya yang terangkut di pesawat terbang juga  dapat menjadi salah satu faktor terjadinya kecelakaan pesawat terbang. Barang berbahaya tersebut dapat membahayakan keselamatan penumpang maupun awak pesawat apabila tidak diwaspadai dengan seksama.
Barang yang telah dikategorikan sebagai barang berbahaya apabila dimuat di pesawat terbang, baik sengaja atau tidak sengaja dimungkinkan akan dapat membahayakan manusia serta dapat merusak benda lain apabila benda tersebut meledak ataupun terbakar.
Sebagai seseorang yang bekerja di dunia penerbangan , pengetahuan tentang barang ini sangat lah diperlukan. Karena hal ini menyangkut keselamatan bersama baik para penumpang maupun awak pesawat.

Apa Dangerous Goods itu ?

Menurut  IATA , Dangerous Goods atau barang- barang berbahaya adalah bahan atau zat yang berpotensi dapat membahayakan secara nyata terhadap kesehatan, keselamatan atau harta milik apabila diangkut dengan pesawat udara. Bahaya yang ditimbulkan akan berakibat pada keselamatan penerbangan.
Sebenarnya, barang berbahaya tersebut dapat diangkut menggunakan pesawat terbang, namun harus memenuhi persyaratan yang telah sesuai dengan peraturan yang berlaku.Tetapi ada pula barang-barang berbahaya yang memang dilarang diangkut di Pesawat Terbang. Hal itu  dikarenakan akibat yang akan ditimbulkan dari pengangkutan barang tersebut dapat membahayakan keselamatan penerbangan.
Dangerous goods merupakan barang-barang berbahaya yang dapat mengakibatkan terganggunya kesehatan manusia dan keselamatan penerbangan. 

 Barang- barang berbahaya tersebut dapat dibagi menjadi beberapa kelas yaitu :
1.       Exsplosive goods atau barang-barang yang mudah meledak misalnya peluru, petasan, kembang api, dan lain – lain.
2.       Gasses  atau barang-barang yang mudah menguap , misalnya Butana, Hidrogen, Propana , dan lain – lain..
3.       Flammable liquids barang – barang yang berupa cairan namun mudah terbakar, misalnya seperti cat, Alkohol, dan lain – lain.
4.       Flammable solids atau barang – barang yang mudah terbakar namun bentuknya padat, seperti korek api.
5.       Oxidizing substances & Organic peroxide atau barang- barang yang mudah menguap dan akan menyebabkan pusing dan mengantuk apabila terhirup oleh manusia, misalnya Calcium chlorate, ammonium nitrate, dan lain - lain
6.       Toxic & Infectious substances atau barang-barang yang mengandung racun , misalnya sianida, pestisida, virus hidup, dan lain – lain.
7.        Radioactive material atau  zat yang apabila terkena sinar akan bereaksi dan dapat membahayakan bagi manusia, hewan dan beberapa jenis kargo.
8.        Corrosives atau barang-barang yang mengandung karat misalnya asam baterai, merkuri, dan lain – lain.
9.       . Miscellaneous dangerous goods atau barang-barang lain yang dianggap berbahaya serta mengancam keselamatan penerbangan apabila diangkut dengan menggunakan moda transportasi udara seperti magnet dan lain – lain.

Sebagai petugas yang bekerja di bandara, sebaiknya mengerti dan dapat membedakan barang yang diperbolehkan untuk terbang dan yang dilarang berada di pesawat.  Karena dampak yang akan ditimbulkan apabila barang – barang tersebut terangkut oleh pesawat terbang akan sangat merugikan banyak pihak. Salah satu hal fatal yang dapat terjadi adalah menyebabkan kecelakaan pesawat. Sehingga mengikuti pelatihan ini sebelum memulai karier di dunia penerbangan sangatlah penting.
Saat ini di Indonesia telah ada sekolah pendidikan Pramugari yang mengajarkan tentang Dangerous Goods. Dan dimungkinkan sekolah ini menjadi satu –satunya sekolah penerbangan di Indonesia yang mengadakan pelatihan ini untuk para siswanya.

Dimana Pelatihan mengenai Dangerous Goods diadakan ?

PSPP Penerbangan atau Pendidikan Staff Penerbangan dan Pramugari memberikan bekal tentang Dangerous Goods kepada para peserta didiknya. Terutama untuk program pendidikan staff penerbangan dan Aviation Security, yang mana ketika bekerja nanti ilmu ini akan sangat dibutuhkan.
Bagi Anda yang ingin mendapat bekal pengetahuan mengenai Dangerous Goods, dan pengetahuan lain seputar dunia penerbangan mari  bergabung bersama PSPP Penerbangan ( Pendidikan Staff Penerbangan dan Pramugari)
Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran silakan menghubungi panitia pendaftaran kak Diyan 0822 – 2500 – 7272 atau melalui BBM 26D5777F

Tidak ada komentar