Breaking News

Profesi Dunia Penerbangan dan Cara Daftar Staff Penerbangan / Ground Handling / Staff Bandara

Bisa sukses dalam berkarier di usia yang relatif muda tentunya menjadi impian banyak orang. Apalagi jika karier tersebut tergolong menjanjikan.

Hingga saat ini berkarier di dunia penerbangan merupakan salah satu pilihan yang banyak orang impikan. Sebab dunia penerbangan sendiri saat ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Ada banyak profesi yang ada di dunia penerbangan yang bisa para pembaca ketahui, seperti :

Pilot

Yaitu seseorang yang mengemudikan Pesawat terbang. Sebagai sebuah profesi yang menuntut keahlian atau skill dalam mengemudikan sebuah pesawat terbang , seorang pilot tentunya harus melalui pendidikan terlebih dahulu. Biaya pendidikan yang di keluarkan juga terbilang cukup besar, tetapi gaji yang akan didapatkan oleh  profesi tersebut juga tidak lah sedikit. Tentunya nominalnya akan cukup besar dibandingkan dengan profesi lainnya. Sebelumnya, seorang pilot harus menempuh ujian resmi yang diadakan oleh sekolah penerbangan dan otoritas penerbangan. Jika telah dinyatakan lulus dari ujian tersebut, seorang pilot akan mendapat sertifikasi terbang. Dalam setiap penerbangan, seorang pilot (captain) akan dibantu oleh seorang ko-pilot (first officer) agar penerbangan berjalan dengan lancar.

Flight Attendant / Pramugari

Seperti halnya seorang pilot, Profesi Pramugari juga banyak di impikan kebanyakan orang, terutama bagi para wanita. Hal ini bisa terjadi karena banyak alasan , diantaranya adalah :
  1. Karena dapat berjalan- jalan tanpa mengeluarkan biaya
  2. Dapat menginap di hotel berbintang dengan gratis
  3. Salary yang di dapatkan banyak
  4. Dapat uang saku setiap singgah di kota lain
  5. Selalu tampil cantik dan awet muda
  6. Dapat bertemu dengan banyak orang dari berbagai kalangan , suku, dan negara
  7. Dapat mengenal budaya - budaya lain , dan masih banyak lagi alasan orang yang membuat mereka bercita -cita sebagai Pramugari.
Para Pramugari memiliki tanggung jawab dalam menjaga keamanan penumpang dan diharuskan untuk selalu siap siaga dalam kondisi darurat. Yang menjadi tugas utama mereka pada saat berada di kabin , selain menjaga keselamatan penumpang , juga melayani penumpang serta menjaga agar kenyamanan penumpang selama dalam penerbangan tetap terjaga. Awak kabin atau para pramugari  identik dengan senyuman ketika melayani para penumpang. Mereka dengan senang hati akan mendengarkan curahan hati para penumpang yang sedang sedih ataupun gembira tanpa mengeluh.

Teknisi Pesawat Terbang

Berbeda dengan kedua profesi sebelumnya, untuk profesi ini tidak langsung terjun melayani penumpang secara langsung. Jadi keberadaan profesi ini jarang para penumpang tahu. Namun, ternyata profesi yang 1 ini juga sangat berpengaruh dengan lancarnya penerbangan. Mekanik atau teknisi pesawat terbang memiliki tugas untuk memeriksa, memperbaiki dengan teliti dan memasang mesin-mesin komponen pesawat terbang baik sebelum ataupun setelah penerbangan berlangsung. Mereka bekerja di balik layar tidak seperti Pilot dan Pramugari. Namun meskipun demikian, mereka memiliki peranan yang sangat penting dalam dunia penerbangan. Tanpa seorang teknisi, pesawat terbang tidak akan bisa mengudara. Bahkan seorang pilot pun harus patuh pada rekomendasi teknisi jika ada persoalan teknis yang menyangkut keselamatan penerbangan.

Flight Operations Officer / Pilot Darat

Seperti halnya teknisi , seorang pilot darat juga bekerja di belakang layar. Operations Officer adalah seseorang yang melaksanakan tugas sebagai operasi kontrol penerbangan. Fungsi pilot darat atau Flight Operations Officer di bagi menjadi tiga yakni : Flight Dispatch, Operation Controller dan Flight Following Tugas pilot darat tersebut dimulai dari persiapan sebelum penerbangan seperti menghitung performance pesawat, menghitung keseimbangan pesawat (CoG) dan mendapatkan pembakaran bahan bakar (fuel) paling ekonomis, menganalisis cuaca di bandara keberangkatan, dan kedatangan yang distandarkan oleh badan berwenang, menganalisis Notice to Airman (NOTAM) untuk memastikan kondisi seluruh bandara dalam sepanjang rute penerbangan (en-route), hingga pesawat tiba di tujuan.
Dengan mempertimbangkan fungsi FOO yang begitu strategis dan mengingat besarnya biaya yang harus di keluarkan untuk menjadi seseorang FOO yang profesional beberapa perusahaan penerbangan mempersyaratkan kepala station harus memegang FOO license yang valid. Profesi FOO telah diakui di dunia bahkan ada forum internasionalnya yang didirikan sejak tahun 1961 yaitu International Federation of Airline Dispatchers Association (IFALDA) yang merupakan forum international bagi Aircraft Dispatcher/ Flight Operations Officer dimana anggotanya hampir ada di seluruh dunia.


Marshalling / Juru Parkir Pesawat Terbang

Sahabat, meskipun namanya adalah juru parkir tetapi mereka bukan juru parkir pada umumnya ya. Marshalling atau juru parkir pesawat terbang merupakan salah satu profesi di dunia penerbangan. Mereka bertugas untuk memberikan komando kepada pilot untuk memakirkan pesawatnya ketika telah mendarat dan memasuki landasan parkir (apron). Seorang marshaller atau juru parkir pesawat harus secara benar dan tepat dalam memberikan tanda kepada pilot. Memarkirkan pesawat terbang harus dengan berhati-hati, tidak boleh lengah sedikit pun. Untuk menjadi seorang marshaller dibutuhkan pendidikan khusus juga.

Staff Penerbangan / Ground Staff

Staff Penerbangan atau Ground Staff yaitu karyawan suatu maskapai penerbangan yang bertugas di darat. Mereka bertanggung jawab untuk membantu penumpang pada proses check in, boarding, menangani bagasi penumpang, dan penjualan tiket. Dalam dunia penerbangan mereka disebut juga sebagai Ground handling atau ada juga yang menyebut mereka sebagai pramugari/pramugara selama di darat. Sama halnya seperti pramugari, staff penerbangan juga memiliki tanggung jawab untuk memberi pelayanan terbaik kepada penumpang selama di darat.

Petugas Keamanan Penerbangan / Aviation Security

AVSEC atau aviation security adalah personil keamanan penerbangan yang bertugas menjamin keselamatan, keamanan dan kenyamanan para pengguna jasa penerbangan. Avsec bertugas menjalankan prosedur yang telah diatur berdasarkan peraturan internasional yang dibuat oleh ICAO (International Civil Aviation Organization ). Aviation Security (Avsec) yakni seseorang yang melakukan pengamanan dan perlindungan terhadap penumpang, awak pesawat, para petugas di darat, pesawat udara dan instalasi di bandara dari segala tindakan yang melawan hukum serta memberikan perlindungan terhadap operator pesawat terbang. Pada umumnya, posisi mereka tersebar di berbagai area terminal, mulai dari pintu masuk hingga masuk ke area ruang tunggu. Untuk menjadi seorang personil Aviation Security dibutuhkan adanya licence atau Surat Tanda Kecakapan Personil yang bisa di dapatkan setelah mengikuti pendidikan dan latihan khusus mengenai kebandarudaraan di sekolah - sekolah avsec yang telah memiliki izin dari dinas perhubungan udara.


Pengisi Bahan Bakar Pesawat / Aircraft Fueler

Petugas pengisi bahan bakar pesawat (avtur) atau aircraft fueler yaitu seorang karyawan di dunia penerbangan  yang memiliki tugas unrtuk pengisian bahan bakar pesawat terbang. Seseorang yang berprofesi sebagai Aircraft Fueler ini wajib memiliki spesifikasi dan pendidikan khusus. Di samping dibekali dengan sertifikat, mereka juga  diberikan pedoman dan pengarahan secara continuiti dari pimpinan, agar tidak terjadi kesalahan dalam bekerja.


Sahabat, untuk Anda yang ingin bekerja di dunia penerbangan ikuti pendidikan di PSPP Penerbangan yuk. Pendaftaran untuk siswa baru sudah kami buka. Info lebih lanjut silakan menghubungi Panitia Penerimaan Peserta Dididk Baru Kak Diyan 0822 - 2500 - 7272 atau BBM 26D5777F

Tidak ada komentar