Breaking News

Peluang Berkarir di Dunia Maskapai Penerbangan Indonesia

Peluang Berkarir di Dunia Maskapai Penerbangan Indonesia
Negara Republik Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri atas lebih dari 1000 pulau. Selain itu, tak sedikit celah antara pulau satu dengan pulau lainnya adalah wilayah perairan. Sehingga jika dilihat dari efisiensi yang ada, transportasi udara menjadi pilihan yang paling tepat untuk bepergian ke kota lainnya.
Sejak tahun 2000 tepatnya setelah dikeluarkannya PP No. 40 tentang penerbangan,industri jasa transportasi udara di Indonesia kian mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Bahkan jumlah maskapai penerbangan baik nasional maupun internasional yang mulai beroperasi di Indonesia juga mulai bertambah banyak.


Dahulu mungkin menggunakan jasa transportasi udara meskipun dinilai lebih efektif namun peminat nya belum terlalu banyak dikarenakan harga tiket yang masih relatif tinggi sehingga para penumpang di dominasi oleh kalangan pejabat atau mereka yang memiliki penghasilan tinggi. Namun semenjak banyaknya maskapai penerbangan seperti saat ini , antar maskapai penerbangan yang satu dengan yang lainnya tentu terdapat adanya persaingan agar mendapatkan pelanggan atau penumpang. Banyak cara yang dilakukan oleh perusahaan penerbangan demi memenangkan persaingan tersebut. Salah satunya adalah dengan membuka kelas ekonomi yang harga tiketnya relatif rendah. Hal ini tentunya juga membuat pengguna jasa transportasi udara semakin banyak. Karena setiap kalangan jika penawaran tiket pesawat relatif murah akan lebih memilih menggunakan jasa transportasi udara yang waktu tempuhnya relatif singkat dibanding jasa transportasi lainnya.

Dengan begitu tentu akan menghasilkan keuntungan yang bertambah jika penumpangnya semakin banyak. Dan maskapai penerbangan seperti Garuda Indonesia, Sriwijaya Air dan Lion Air bahkan telah memiliki anak perusahaan yang sama – sama bergelut pada industri penerbangan. Armada – armada pesawat terbang pun kian bertambah banyak. Namun ketersediaan Sumber Daya Manusia yang bekerja di perusahaan tersebut masih relatih sedikit sehingga Peluang Berkarir di dunia Maskapai Penerbangan Indonesia semakin terbuka lebar.

PSPP Penerbangan ( Pendidikan Staff Penerbangan dan Pramugari ) sesuai dengan namanya adalah lembaga pendidikan yang menyelenggarakan program pendidikan Staff Penerbangan dan Pramugari yang akan mendidik serta melatih para calon kandidat baik Staff Penerbangan maupun Pramugari untuk menjadi karyawan dunia penerbangan yang handal serta profesional pada bidang pekerjaannya.

Staff Penerbangan

Mungkin Anda masih asing dengan profesi ini, admin akan sedikit memberikan gambaran tentang profesi ini. Staff Penerbangan “karyawan perusahaan penerbangan yang melayani penumpang ketika di darat baik sebelum penerbangan ataupun setelah penerbangan” . Staff Penerbangan ini biasa disebut juga dengan Staff Airlines , Staf Bandara, Ground handling, Ground staff , pasasi dan ada pula yang menyebut profesi Staff Penerbangan sebagai Pramugari darat.  Sama seperti Pramugari, Staff Penerbangan juga dituntut untuk selalu berpenampilan menarik di depan penumpang serta ramah dan tidak sulit tersenyum ketika melayani.

Pada proses kerja yang sesungguhnya tentu tidak semudah yang kita bayangkan . Karena yang akan di layani setiap harinya tak hanya terbatas 50 penumpang melainkan ratusan penerbangan dari bermacam – macam suku, dan lain – lain yang tentunya juga memiliki berbagai karakter yang berbeda. Tak hanya itu saja dalam 1 hari tentu ada puluhan penerbangan yang akan dihandle oleh mereka, yang mungkin akan ada permasalahan seperti penumpang datang terlambat, cuaca buruk sehingga pesawat harus delay , serta permasalahan – permasalahan lain yang mungkin timbul saat bekerja seorang staff penerbangan harus berusaha untuk mencari solusi dari permasalahan tersebut.

Mengikuti pendidikan dan pelatihan di PSPP Penerbangan Anda akan dibekali dengan beberapa  materi pembelajaran , seperti : communication skills, computer, reservasi tiket, english for aviation, modelling, make over, table manner, grooming, dangerous goods, praktek terbang, dan lain – lain. Yang tentunya akan menjadi sebuah bekal yang sangat bermanfaat digunakan ketika bekerja . Kegiatan pendidikan dan pelatihan di PSPP Penerbangan tersebut dapat Anda tempuh dalam waktu 6 bulan. Dan sudah termasuk kegiatan On the Job Training selama 2 bulan. Dengan pelatihan singkat ini diharapkan siswa dapat segera mengisi peluang karir di dunia penerbangan Indonesia yang masih kosong dan mewujudkan impian mereka.

Sekian informasi seputar Peluang Berkarir di Dunia Maskapai Penerbangan Indonesia semoga bermanfaat J Informasi selengkapnya seputar PSPP Penerbangan dapat ditanyakan kepada panitia penerimaan peserta didik baru PSPP Penerbangan 0822-2500-7272 / BBM 26D5777F . Terimakasih.

Tidak ada komentar