Breaking News

Pelatihan Staff Bandara / Ground Handling Berlisensi Dangerous Goods



Pelatihan Staff Bandara / Ground Handling Berlisensi Dangerous Goods
Lisensi Dangerous Goods atau dikenal dengan lisensi DGR ( Dangerous Goods Regulation) merupakan salah satu dokumen  yang hanya di keluarkan oleh Direktorat Keamanan Penerbangan Udara untuk para karyawan dunia penerbangan yang telah lolos atau berhasil mengikuti pelatihan Dangerous Goods. Lisensi Dangerous Goods ini sangat diperlukan oleh  Anda yang berkecimpung dalam dunia penerbangan. Agar tercipta zero accident di setiap penerbangan.
Meskipun menjaga keamanan penerbangan adalah tugas dari seorang personil keamanan penerbangan / AVSEC namun sebagai petugas yang melayani penumpang secara langsung termasuk memasukkan bagasi penumpang pada bagian Checkin Counter, Staff Bandara / Ground Handling sebaiknya memiliki lisensi Dangerous Goods ini. Sehingga ketika memasukkan bagasi penumpang , Staff Bandara / Ground Handling pada bagian Check-in Counter tidak meloloskan barang yang tergolong Dangerous Goods yang dengan sengaja atau tidak dibawa oleh penumpang untuk dimasukkan ke bagasi.
Dengan kata lain, jika Staff Bandara / Ground Handling belum memiliki lisensi Dangerous Goods akan dikhawatirkan penumpang dapat leluasa meletakkan barang –barang berbahaya atau Dangerous Goods kedalam bagasi tanpa dilarang oleh petugas Staff Bandara / Ground Handling yang bertugas pada bagian Check-in Counter karena kekutangtahuan petugas mengenai Dangerous Goods tersebut. Yang tentunya akan sangat membahayakan keselamatan penerbangan karena terdapat barang berbahaya yang terangkut dalam pesawat terbang tersebut.
Barang – barang berbahaya atau Dangerous Goods dapat diklasifikasikan kedalam beberapa jenis , yaitu :

  1. barang – barang yang mudah meledak
  1. bahan atau zat yang dapat mengeluarkan asap dan terbakar jika terdapat percikan api
  2. zat cair yang mudah terbakar
  3. benda padat yang mudah terbakar
  4. Oxidizing Substance
  5. Toxix Substance
  6. Radioactive
  7. Corrosive Materials
  8. Miscellaneous Dangerous Goods

Seperti yang telah admin tulis diatas bahwa Lisensi Dangerous Goods hanya dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Keamanan Penerbangan sehingga tidak semua tempat pendidikan dapat  memberikan lisensi tersebut kepada peserta didiknya. Hanya tempat pendidikan yang memperoleh izin penyelenggaraan dari Kementrian Perhubungan Udara yang dapat memberikan lisensi tersebut kepada para peserta didiknya tentunya setelah peserta didik tersebut mengikuti pembelajaran tentang Dangerous Goods.

Lisensi Dangerous Goods adalah salah satu dokumen yang akan di dapatkan oleh para peserta didik yang telah lulus dari pendidikan Staff Bandara / Ground Handling di PSPP Penerbangan selain sertifikat –sertifikat lainnya. PSPP Penerbangan merupakan tempat Pelatihan Staff Bandara / Ground Handling Berlisensi Dangerous Goods yang telah memperoleh izin penyelenggaraan dari Direktorat Jenderal Keamanan Penerbangan.

Bagi Anda yang ingin mengetahui dan mengikuti pelatihan Staff Bandara / Ground Handling dan memperoleh ilmu tentang Dangerous Goods serta mendapatkan lisensi resminya dapat segera mendaftarkan diri di PSPP Penerbangan dan ikut pelatihan yang setiap tahunnya terdapat kelas Februari, Juni dan Oktober.
Adapun untuk persyaratan serta ketentuan dan berkas pendaftaran Pelatihan Staff Bandara / Ground Handling Berlisensi Dangerous Goods adalah sebagai berikut :
  1. Minimal lulusan SMA / SMK Sederajat
  2. Memiliki tinggi badan minimal Putra 157 cm untuk wanita dan minimal 165 cm untuk laki - laki
  3. Sehat jasmani dan rohani
  4. Berusia 18 – 24 tahun ketika mendaftar
  5. Tidak bertato dan bertindik
  6. Tidak buta warna dan hepatitis
  7. Berpenampilan menarik tidak harus berkulit putih
  8. Belum pernah menikah
  9. Pas foto berwarna 4×6
  10. Foto seluruh badan 4R
  11. Surat keterangan sehat dari dokter
  12. Fotokopi kartu identitas diri
Cara mendaftar di Pelatihan Pelatihan Staff Bandara / Ground Handling Berlisensi Dangerous Goods dapat Anda lakukan dengan sangat mudah. Dan PSPP Penerbangan melayani pendaftaran baik secara ONLINE maupun  OFFLINE . Untuk formulir pendaftarannya bisa Anda temukan pada website ini.
Tahapan seleksi penerimaan peserta didik baru selain mengecek biodata siswa  yang terdapat di formulir pendaftaran, para pendaftar juga diwajibkan untuk mengikuti Tes Tertulis, Tes Kesehatan dan Tes Wawancara. Tes tersebut kesemuanya dapat dilakukan baik melalui online maupun offline.

Memilih melanjutkan pendidikan singkat untuk bekal berkarir di dunia penerbangan adalah pilihan yang sangat tepat. Karena peluang pekerjaan di dunia penerbangan saat ini semakin luas. Peluang pekerjaan dalam dunia penerbangan tentunya juga akan terus ada dan terbuka lebar karena industri jasa penerbangan tentu akan terus mengalami peningkatan sehingga tenaga kerja yang diperlukan pun akan semakin banyak. Dan itu dapat menjadi kesempatan yang sangat berharga untuk para peserta didik di PSPP Penerbangan.

Informasi lengkap seputar Pelatihan Staff Bandara / Ground Handling Berlisensi Dangerous Goods silakan menghubungi panitia PSPP Penerbangan Kak Diyan 0822-2500-7272 / BBM 26D5777F . Semoga bermanfaat !!

Tidak ada komentar