Breaking News

Mengenal Dangerous Goods Dunia Penerbangan Secara Detail dan Lengkap


Dalam dunia penerbangan , dangerous goods ini merupakan hal yang tak bisa dilepaskan dari adanya keamanan penerbangan .
Terkadang , penumpang awam akan langsung menunjukkan reaksi marah apabila barang bawaannya ada yang tidak boleh dibawa saat penerbangan dan terpaksa untuk ditinggal di bandara dengan alasan keselamatan penerbangan . Benda sepele yang akan diminta untuk meninggalkannya di bandara dan tidak boleh dibawa dalam penerbangan salah satunya adalah korek api baik yang berupa korek gas maupun korek api lidi.



Anda mungkin juga penasaran bukan , mengapa benda sepele seperti korek api saja dilarang untuk dibawa dalam penerbangan ? Simak penjelasan admin pada artikel berjudul  Mengenal Dangerous Goods Dunia Penerbangan Secara Detail dan Lengkap ini ya !!

Mengenal Dangerous Goods Dunia Penerbangan Secara Detail dan Lengkap

Dangerous Goods atau yang sering disebut dengan istilah barang berbahaya ini merupakan bahan atau zat yang berpotensi dapat membahayakan kesehatan penumpang serta keselamatan penumpnag , barang – barang bawaan lain yang diangkut dalam pesawat , awak pesawat , dan bahkan komponen pesawat terbang itu sendiri . 


Tetapi , ada pula lho barang berbahaya yang masih boleh ikut dalam penerbangan apabila telah memenuhi persyaratan sesuai dengan peraturan yang ada termasuk jenis kemasan , cara pengemasan , pemberian label serta penanganannya yang berbeda dibanding barang bawaan lainnya .


Barang – barang berbahaya tersebut apabila dilihat dari pengangkutannya , dikelompokkan menjadi 3 kelompok yaitu :
1.       Kelompok A
Merupakan kelompok barang berbahaya yang masih dapat diangkut dengan menggunakan pesawat terbang berpenumpang maupun pesawat terbang khusus barang / cargo yang tentunya tetap dengan perlakuan khusus .

2.       Kelompok B
Merupakan barang berbahaya yang tidak diperbolehkan dinagkut menggunakan pesawat terbang berpenumpang namun masih dapat dingakut menggunakan pesawat terbang jenis cargo.

3.       Kelompok C
Merupakan barang berbahaya yang benar – benar tidak diperbolehkan untuk diangkut menggunakan pesawat terbang , baik pesawat penumpang maupun pesawat barang / cargo .


Selain terbagi menjadi 3 pengelompokan cara pengangkutan , Dangerous Goods  sendiri juga diklasifikasikan menjadi 9 kelompok . Hal ini berdasarkan dari tingkat bahaya dari masing – masing benda . Pengklasifikasian tersebut meliputi :
  1. Bahan Peledak (Explosives)
    • Yaitu suatu bahan atau benda yang mudah meledak. Seperti : Dinamit, TNT, Nitrogliserin, Senjata, Amunisi, Peluru, Kembang Api ,dll
  2. Bahan Gas (Gases)
    • Yaitu semua bahan gas, termasuk gas yang telah dikompresi. Baik itu Gas Mudah Terbakar, Gas Tidak Mudah Terbakar (telah dikompresi), Gas Beracun. Seperti: Acetylene, Hydrogen, Propane, Nitrogen, Neon, Carbon dioxide, Fluorine, Chlorine, Hydrogen cyanide, Aerosol, dll
  3. Bahan Cair Mudah Terbakar (Flammable Liquids)
    • Yaitu bahan atau zat  Cair yang mudah terbakar. Seperti : Diethyl ether, Carbon disulfide, Gasoline (Bensin), Acetone, Kerosene, Paraffin, Diesel (Soilar), Paint(Cat), Alcohol, dll
  4. Bahan Padat Mudah Terbakar (Flammable Solids)
    • Yaitu bahan atau zat Padat yang mudah terbakar akibat gesekan. Seperti : Korek Api, Phospor, Kalsium Karbid, Magnesium, Sodium, Potassium , dll
  5. Bahan Rentan Oksidasi ( Oxidizing Substances and Organic Peroxides )
    • Yaitu suatu bahan atau zat yang apabila terkena oksigen akan mudah rusak. Seperti : Kalsium Klorat, Ammonium nitrate, Hydrogen peroxide, Potassium permanganate, Benzoyl peroxide, Organic peroxides.
  6. Bahan Beracun dan Menular ( Toxic and Infectious Substances )
    • Yaitu suatu bahan atau zat beracun, bakteri yang bisa menyebabkan luka, infeksi dan menular. Seperti : Pestisida, Rabies.
  7. Bahan Radioaktif ( Radioactive Material )  
    • Yaitu suatu bahan atau zat maupun kombinasinya yang mengeluarkan sinar radiasi sehingga membahayakan bagi manusia, binatang dan barang. Seperti : Uranium, Plutonium.
  8. Bahan Korosif ( Corrosives )
    • Yaitu suatu bahan atau zat yang dapat melarutkan jaringan organik atau menimbulkan korosi (karat) pada logam. Seperti : Asam sulfat, Asam klorida, Alkali – kalium hidroksida, Alkali – natrium hidroksida.
  9. Bahan atau barang lainnya yang dianggap berbahaya ( Miscellaneous Dangerous Substances and Articles )
    • Yaitu benda-benda lainnya yang dianggap dapat membahayakan serta dapat menimbulkan resiko terhadap manusia (petugas), pesawat apabila tidak ditangani dengan baik. Seperti : Gunting, Pisau atau Cutter, Obeng, dll.
Oke Guys ,, admin akhiri dulu yan artikel berjudul Mengenal Dangerous Goods Dunia Penerbangan secara Detail dan lengkap  ini . Semoga dapat Anda pahami dengan baik !!

Update informasi seputar pendaftaran sekolah penerbangan dapat mengunjungi beberapa saran artikel dibawah ini :

Selamat membaca !!
Info sekolah penerbangan terbaik selengkapnya , hubungi  Kak Diyan 0822 – 2500 – 7272 / BBM 26D5777F . Terimakasih .

Tidak ada komentar