Breaking News

Materi Yang Diajarkan di Sekolah Penerbangan PSPP

Materi yang diajarkan di Sekolah Penerbangan PSPP seringkali membuat rasa penasaran bagi calon siswa yang hendak mendaftar di Sekolah Penerbangan Terbaik ini. Bagaimana tidak? Dengan masa pendidikan yang relatif singkat dan tidak bertitle, alumni PSPP sudah siap kerja. Dan bahkan sudah banyak yang mendapat pekerjaan sebelum mereka lulus dari Sekolah Penerbangan PSPP. Anda penasaran juga?

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit bocoran terkati materi yang diajarkan di Sekolah Penerbangan PSPP. Hingga membuat  peserta didiknya benar-benar siap menghadapi persaingan untuk memperoleh pekerjaan di dunia penerbangan.

Soal Tes Perekrutan di Maskapai Sudah Dirangkum Dalam Materi Pembelajaran di PSPP

PSPP Penerbangan merupakan singkatan dari Pendidikan Staff Penerbangan dan pramugari. Lembaga ini mempersiapkan kaula muda yang punya kriteria untuk bekerja di penerbangan dengan membekali wawasan serta skill yang dibutuhkan untuk bekerja di penerbangan.

Bekerja di penerbangan, tak hanya diperlukan fisik yang sempurna dalam artian menarik dan tidak mengalami cacat fisik yang mengganggu aktivitas.

Namun, bekerja di penerbangan dibutuhkan juga ilmu yang kompleks. Bukan berarti Anda harus selalu memiliki peringkat pertama saat menjalani sekolah formal. Namun dalam hal ini Anda harus memiliki wawasan serta ketrampilan untuk melaksanakan tugas sebagai karyawan di penerbangan. Tentunya sesuai deskripsi pekerjaan masing-masing.


Untuk itu, meski maskapai penerbangan dalam persyaratan yang tertera dalam lowongan mencari kandidat dengan pendidikan minimal SMA/K sederajat. Kenyataannya tak banyak kandidat yang bisa lolos dalam tes di maskapai penerbangan.

hal tersebut terbukti bahwa seseorang perlu wawasan dan ketrampilan dalam hal penerbangan untuk bisa lolos dalam perekrutan di maskapai penerbangan. Sehingga wajar bila PSPP Penerbangan banyak menjadi tujuan sekolah lanjutan bagi mereka yang ingin kerja di penerbangan.

Mengingat hampir semua materi tes yang akan keluar dalam perekrutan maskapai sudah dirangkum dalam Materi Pembelajaran di Sekolah Penerbangan PSPP.

Inilah Materi Pembelajaran di Sekolah Penerbangan PSPP Yang Sangat Bermanfaat di dunia Kerja

Materi yang diajarkan di Sekolah Penerbangan PSPP disajikan sedemikian rupa agar peserta didik bisa menangkap materi yang diberikan oleh pengajar. Materi tersebut antara lain berupa:

Aviation Knowledge
Yaitu ilmu yang mempelajari seputar wawasan penerbangan. Dimana hal ini akan sangat membantu peserta didik dalam menjawab soal pada saat mengikuti perekrutan di maskapai.

Pax Handling
Yaitu ilmu yang mengajarkan peserta didik dalam hal menghandle penumpang. Cara menangani penumpang yang sedang marah-marah, penumpang yang bingung, penumpang yang merasa takut, dan lain sebagainya.

Baggage Handling
Yaitu ilmu tentang cara menangani bagasi penumpang.

Aviation Security
Yaitu ilmu tentang keamanan penerbangan. Ilmu semacam ini sangat dibutuhkan oleh semua karyawan yang bekerja di penerbangan tak terkecuali.

Dangerous Goods
Yaitu ilmu yang mempelajari tentang penggolongan barang-barang berbahaya sehingga dilarang untuk ikut dalam penerbangan.

Pasasi Guidlines
Atau pedoman pasasi. Dimana akan menjelaskan tentang apa saja divisi yang ada dalam pasasi. Sehingga peserta didik tau bagaimana tugas-tugas seorang pasasi.

Social Ettiquette
Yaitu sebuah ilmu yang mengatur tentang perilaku seseorang terkait pergaulan dengan lingkungan, masalah kesopanan, sesuatu yang boleh atau tidak untuk dilakukan. Serta juga tentang apa yang seharusnya dilakukan oleh seorang staff penerbangan.

English for Airlines
Yaitu pembelajaran mengenai materi Bahasa Inggris yang akan banyak digunakan dalam penerbangan.

Costumer Service
Yaitu materi terkait cara memberikan pelayanan terhadap pelanggan. Baik secara langsung maupun melalui telepon.

Basic Computer
Yaitu materi dasar terkait cara-cara menggunakan komputer. Karena nantinya staff penerbangan juga akan berhadapan dengan komputer pada saat bekerja. Apalagi jika ditempatkan pada bagian check in counter maupun tiketing.

Employment Knowledge
Atau pengetahuan tentang pekerjaan. Saat menjalani tes wawancara kerja, akan ditanya juga terkait hal ini. Sehingga materi ini turut dimasukkan dalam materi yang diajarkan di Sekolah Penerbangan PSPP.

Grooming
Yaitu hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Karena setiap orang tentu saja ingin selalu tampil serasi dan menarik agar disukai oleh orang lain.Apalagi bila bekerja sebagai Staff Penerbangan. Penampilan menarik menjadi tuntutan yang harus selalu dijalani setiap kali bertugas.  

Job Motivation
Yaitu proses dalam mendorong peserta didik agar terus berusaha untuk meraih pekerjaan yang diinginkan. Tanpa ada kata menyerah.

Service Excellent
Yaitu sebuah pelayanan prima yang memenuhi standar kualitas suatu pelayanan yang sesuai dengan harapan dan kepuasan pelanggan. Kemampuan untuk memberikan service excellent ini sangat dibutuhkan oleh karyawan yang bekerja dalam bidang pelayanan pelanggan termasuk staff penerbangan.


Ticketing and Reservation
Yaitu ilmu mengenai tiketing dan pemesanan tiket. Ilmu ini harus dikuasai oleh calon staff penerbangan.

Materi Yang Diajarkan di Sekolah Penerbangan PSPP Disajikan Dalam Bentuk Praktek

Memberikan teori saja tentu dirasa kurang efektif untuk memberikan bekal yang kompleks pada peserta didik di PSPP Penerbangan agar siap kerja. Oleh sebab itu, selain beberapa teori yang saya sampaikan diatas, terdapat pula materi yang disajikan dalam bentuk praktek.

Yaitu:

Outbond
Kegiatan ini menjadi kegiatan awal yang akan dilalui oleh peserta didik. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kedisiplinan, kerjasama team, dan memupuk kecintaan terhadap almamater. Serta juga melatih mental para peserta didik baru agar siap menghadapi pelatihan di PSPP Penerbangan.

Make Over
Yaitu kegiatan yang akan memberikan pengarahan tentang bagaimana cara make up yang sesuai untuk staff penerbangan. Kegiatan ini juga untuk mempersiapkan peserta didik dengan penampilannya yang lebih fresh saat menjalani pendidikan di PSPP Penerbangan.

Beauty Class
Berbeda dengan kegiatan make over. Beauty class ini lebih kepada kegiatan konsultasi. Baik dalam hal penampilan maupun kecantikan.

Modelling
Saat menjalani perekrutan di maskapai, cara kandidat berjalan juga akan melalui proses penilaian. Untuk itu, peserta didik juga diberikan pelatihan ini yang tentunya sangat berbeda dengan berjalan diatas catwalk.

Visit Airport & Aircraft
Dalam kegiatan ini peserta didik akan diajak ke bandara dan melihat proses penerbangan.

English Conversation
Mengajak peserta didik untuk terbiasa berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris. Karena kemampuan untuk dapat berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris sangat dibutuhkan untuk pekerjaan di penerbangan.

Flying Practice
Dalam kegiatan ini, peserta didik akan diajak rekreasi ke Singapore. Selain untuk refreshing, juga bertujuan untuk mengajak peserta didik agar melihat dan tahu sendiri bagaimana proses penerbangan ke luar negeri.

Reservation Ticketing Practice
Selain disajikan dalam bentuk teori, materi mengenai Ticketing & Reservation juga disajikan dalam bentuk praktek.

 Computer Practice
Sama halnya dengan reservation ticketing practice. Selain mempelajari teori terkait dasar-dasar penggunaan komputer, peserta didik juga diajak praktek langsung.

Demikian informasi terkait materi yang diajarkan di Sekolah Penerbangan PSPP semoga bermanfaat.

Untuk bergabung di PSPP Penerbangan ini, Anda bisa langsung mengisi formulir yang telah kami sediakan disini. Atau dapat juga dengan langsung menghubungi Kak Diyan melalui WA di 0822-2500-7272 atau BBM 26D5777F.

Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar