Breaking News

Pengertian Ticketing dan Reservation Dunia Penerbangan

Ticketing dan Reservation merupakan 2 istilah dalam dunia penerbangan yang sangat penting untuk dipahami khususnya bagi Anda yang bercita-cita untuk bekerja di dunia penerbangan. Dalam dunia penerbangan sebenarnya terdapat ratusan istilah penerbangan yang penting untuk dipelajari. Namun kali ini yang akan saya bahas ialah pengertian dari ticketing dan juga reservation


Pengertian Ticketing dan Reservation Dunia Penerbangan
Pengertian Ticketing dan Reservation Dunia Penerbangan

Pengertian Ticketing dan Reservation Menurut Ilmu Penerbangan

Tiket pesawat terbang ialah sebuah dokumen dalam bentuk cetak yang dapat dibuat dengan proses elektronik dan dapat digunakan sebagai alat bukti perjanjian antara maskapai penerbangan dengan calon penumpang pesawat. Sedangkan untuk ticketing yaitu proses mencetak tiket pesawat terbang.


Jika membahas tentang ticketing tentunya Anda juga akan langsung terbayang kalimat reservasi tiket. Apa itu? Menurut International Air Traffic Association atau IATA, reservasi merupakan suatu permintaan akan penyediaan ruang, tempat duduk maupun akomodasi bagi seseorang. Baik itu hotel, restoran, maupun jasa transportasi (pesawat, bus, kereta dan sebagainya).


Sedangkan untuk reservasi dalam dunia penerbangan adalah suatu proses yang diawali dengan pencatatan data calon penumpang sampai dengan penyediaan tempat duduk dalam pesawat bagi calon penumpang beserta bagasinya. Sehingga penumpang yang sudah melakukan pemesanan akan mendapatkan kode booking yang nantinya bisa dipakai untuk proses checkin. Untuk lebih memahami tentang istilah Ticketing dan Reservation silakan Anda lanjutkan untuk membaca pembahasan di bawah ini.


Manfaat Reservasi Bagi Penumpang

Adanya sistem reservasi tiket ini rupanya memiliki dampak positif bagi para pengguna jasa penerbangan yang diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Membantu calon penumpang untuk mengatur jadwal penerbangannya sedini mungkin
  • Memberikan kepastian mengenai rencana perjalanan calon penumpang
  • Penumpang bisa mengetahui sedini mungkin kepastian tentang keberangkatan (Hari, tanggal, waktu, route penerbangan) 
  • Penumpang dapat memperoleh pelayanan ekstra dari staff reservasi tiket karena jadwal penerbangannya tidak terlalu mepet dengan tanggal reservasi

Itulah beberapa manfaat Ticketing dan Reservation bagi penumpang pesawat terbang.

Manfaat Reservasi Bagi Perusahaan Penerbangan

Selain bermanfaat bagi pengguna jasa penerbangan, rupanya sistem Ticketing dan Reservation ini juga memberikan manfaat bagi perusahaan penerbangannya. Apa saja manfaatnya? Simak dibawah ini: 
  • Sebagai sarana untuk mencapai peningkatan produksi
  • Memperoleh Seat Load Factor atau keuntungan secara maksimal
  • Meningkatkan maupun fasilitas penjualan produk
  • Mengusahakan pelayanan yang lebih baik terhadap penumpang karena calon penumpang tidak dikejar waktu ketika melakukan pemesanan
  • Memberikan jaminan keamanan serta keselamatan selama penerbangan
  • Untuk menentukan jumlah makanan dan minuman yang nantinya akan disediakan
  • Mengetahui secara pasti total jumlah penumpang baik dewasa (ADL), anak-anak (CHD) maupun bayi (INF)
  • Mengetahui berapa jumlah awak pesawat yang dibutuhkan serta menentukan besar/kecilnya unit pesawat yang akan dipergunakan

Ticketing & Reservation Dilakukan Oleh Staff Penerbangan

Ticketing dan Reservation merupakan bagian dari tugas staff penerbangan yang menduduki divisi ticket sales. Tugasnya ialah menampung reservasi penumpang lokal serta melakukan penjualan atau meneruskan permintaan pada bagian control point dan juga melaksanakan permintaan interline reservation atas dasar ketentuan, persetujuan dan prosedur yang berlaku.


Maka dari itu, staff penerbangan wajib mengenal beberapa istilah penting yang mana memiliki korelasi terhadap suatu penerbangan itu sendiri. Mulai dari jadwal, ketersediaan kursi (seat) dan bagasi, pajak, kelas penerbangan, permintaan khusus maupun permintaan tambahan dari penumpang, kargo dan sebagainya.


Pelaksanaan ticketing & reservation ini pun juga bisa dilakukan menggunakan 2 sistem, antara lain:

  1. Manual reservation yaitu proses reservasi yang ditangani dan diproses secara manual dan pada umumnya masih digunakan oleh maskapai kecil atau kantor cabang yang belum memungkinkan electronic ticket.
  2. Computerized reservation yaitu proses reservasi yang menggunakan suatu program komputer yang sudah terdapat sistem reservasinya.


Banyaknya hal-hal terkait pelaksanaan reservasi mengharuskan pekerja yang berkecimpung dalam bagian ticketing & reservation untuk memahami banyak hal terkait dunia penerbangan. Dimana untuk mempelajari hal tersebut tentunya tidak cukup dengan membaca artikel ini saja :) sebaiknya Anda bergabung di Sekolah Penerbangan untuk bisa mendapatkan ilmu yang lebih detail tentang penerbangan.


Informasi Pendaftaran Sekolah Penerbangan 


Diumumkan bagi Anda yang saat ini masih duduk di bangku kelas 12 SMA sederajat bahwa saat ini adik-adik sudah bisa melakukan pendaftaran di PSPP Penerbangan mulai dari sekarang dan memilih bulan masuk pendidikan sesuai tahun kelulusan misalnya Juli 2019. Dan bagi Anda yang sudah lulus namun belum mengikuti pendidikan di angkatan sebelumnya saat ini pendaftaran untuk angkatan terakhir di tahun 2018 masih kita buka. Pendidikan akan dilaksanakan pada bulan November mendatang.
Pengertian Ticketing dan Reservation Dunia Penerbangan
Pengertian Ticketing dan Reservation Dunia Penerbangan


Untuk informasi selengkapnya terkait pendaftaran PSPP Penerbangan (Pendidikan Staff Penerbangan dan Pramugari) selengkapnya silakan langsung menghubungi panitia pendaftaran PSPP All Cabang melalui kontak di bawah ini:

Kak Diyan 
WA/LINE 0822 2500 7272
Formulir Pendaftaran KLIK DISINI 


Demikian informasi yang dapat saya sampaikan terkait pengertian Ticketing dan Reservation dalam dunia penerbangan. Semoga bermanfaat bagi Anda.


Baca juga:
1. Biaya Sekolah Staff Penerbangan
2. Gaji Staff Penerbangan



Tidak ada komentar