Breaking News

Apakah Staff Penerbangan Yang Sedang Hamil Boleh Bertugas?

Staff Penerbangan Yang Sedang Hamil Boleh Bertugas namun tentunya tetap berdasarkan syarat dan ketentuan yang sudah ditentukan oleh perusahaan tempatnya bekerja. Staff penerbangan merupakan salah satu profesi penting dalam dunia penerbangan karena tugasnya adalah melayani penumpang selama berada di bandara baik sebelum penerbangan ataupun setelah mendarat.



Bekerja di dunia penerbangan tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi kaula muda karena hampir semua profesi yang ditawarkan di dunia penerbangan memang cukup bergengsi. Begitupun profesi staff penerbangan yang semakin lama semakin diminati oleh kaula muda selain tentunya profesi pramugari.


Namun apakah karir ini dapat dijadikan profesi tetap? Atau setelah menikah dan hamil staff penerbangan akan langsung dirumahkan dan dilarang untuk bekerja lagi? Pertanyaan ini mungkin muncul setelah Anda mengetahui salah satu syarat melamar pekerjaan sebagai seorang staff penerbangan adalah harus berstatus belum pernah menikah.

Apakah Staff Penerbangan Yang Sedang Hamil Boleh Bertugas?
Apakah Staff Penerbangan Yang Sedang Hamil Boleh Bertugas?


Tapi tahukah Anda bahwa syarat tersebut hanya berlaku bagi pelamar yang belum berpengalaman pada profesi yang sama saja? Artinya jika Anda sudah pernah menjadi staff penerbangan di maskapai satu kemudian Anda menikah dan ingin melamar ke maskapai lain tentunya tetap masih punya peluang besar. Namun tetap harus bersaing dengan pelamar lain yang notabene nya jauh lebih muda dan mungkin lebih menarik dibandingkan Anda.


Bolehkah Staff Penerbangan Menikah dan Hamil? 

Menikah dan memiliki keturunan tentunya adalah keinginan bagi setiap perempuan dewasa di seluruh penjuru dunia. Namun bagaimana jika seorang perempuan ingin tetap memiliki karir cemerlang di dunia penerbangan yang menomorsatukan penampilan seperti halnya staff penerbangan dan pramugari? Apakah wanita tersebut tetap diperbolehkan untuk menikah dan hamil?


Terkait peraturan yang mengatur kapan seorang karyawan dari suatu perusahaan diperbolehkan untuk menikah, tentunya tiap perusahaan sudah memiliki kewenangan masing-masing. Begitupun kewenangan dari maskapai penerbangan terkait kapan diperbolehkannya staff penerbangan wanita untuk melangsungkan pernikahan kemudian hamil dan mendapatkan hak cuti atas kehamilannya.


Tidak jauh berbeda dengan perusahaan besar lainnya, biasanya karyawan mulai diizinkan untuk menikah jika karyawan tersebut sudah bekerja selama beberapa tahun di perusahaan tersebut. Atau biasanya sudah menjadi karyawan tetap di suatu perusahaan sehingga perusahaan bisa memberikan hak cuti sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.


Jadi kesimpulannya staff penerbangan wanita boleh saja menikah asal sudah memenuhi batas minimal masa kerja di suatu perusahaan penerbangan. Yang biasanya kurun waktunya berbeda-beda di masing-masing perusahaan.


Kemudian apakah Staff Penerbangan Yang Sedang Hamil Boleh Bertugas? Hal ini yang kemudian akan dibahas dalam sub judul berikutnya.

Benarkah Staff Penerbangan Yang Sedang Hamil Boleh Bertugas? 

Seperti peraturan yang juga berlaku di perusahaan lainnya, maskapai penerbangan biasanya akan tetap memperbolehkan staff penerbangan yang sedang dalam kondisi hamil untuk tetap bertugas. Dengan catatan, kandungannya tidak akan mengalami masalah jika ia tetap melakukan tugasnya dengan baik.


Karena bekerja sebagai staff penerbangan tentu bukan tugas yang ringan dan membutuhkan energi yang ekstra karena setiap harinya harus melayani lebih dari 100 penumpang yang berbeda. Bahkan staff penerbangan harus menyesuaikan diri dengan jadwal kerja yang terbagi dalam 3 shift termasuk shift malam yang tentu akan mengurangi kualitas tidur nya.



Mengingat staff penerbangan tidak seperti pramugari yang harus ikut dalam penerbangan ketika bertugas (hanya di darat) maka rasanya tidak akan menjadi masalah bila tetap bertugas dalam kondisi hamil. Hanya saja staff penerbangan tersebut harus bisa tetap menjaga kandungannya agar tetap sehat ditengah kesibukannya dalam melayani penumpang pesawat terbang.


Terkait batas usia kehamilan yang masih diperbolehkan untuk tetap bertugas biasanya adalah sampai usia 8 bulan masa kehamilan saja. Selebihnya staff penerbangan yang sedang hamil diatas usia 8 bulan akan diminta untuk cuti dalam waktu sekitar 3 bulan/ sesuai ketetapan dari perusahaan.


Hal tersebut tentunya demi mengantisipasi terjadinya kelahiran di bandara yang tentunya sangat beresiko bagi ibu hamil itu sendiri ataupun bagi bayinya. Karena meskipun di bandara terdapat klinik khusus tetap saja itu bukan tempat yang tepat dan higienis untuk melangsungkan persalinan. 


Jadi kesimpulannya Staff Penerbangan Yang Sedang Hamil Boleh Bertugas selama kandungannya dalam kondisi sehat dan belum mencapai usia kandungan 8 bulan. Namun aturan ini bisa saja berbeda antara 1 perusahaan dengan perusahaan yang lain.


Cara Menjadi Staff Penerbangan 

Setelah mengetahui berbagai aturan yang ada dalam profesi staff penerbangan termasuk pernyataan yang menyatakan bahwa Staff Penerbangan Yang Sedang Hamil Boleh Bertugas tersebut apakah Anda masih tetap tertarik dengan profesi satu ini? 


Tentu saja tetap tertarik bahkan semakin tertarik bukan? Karena profesi staff penerbangan memang memiliki daya tarik tersendiri seperti profesi lain di dunia penerbangan. 


Saat ini peluang kerja untuk menjadi seorang staff penerbangan juga terbilang bagus. Namun persaingan ketat antar maskapai penerbangan untuk mendapatkan penumpang tentunya juga ditempuh dengan cara merekrut staff penerbangan yang berkompeten dan dapat memberikan kontribusi berharga bagi perusahaannya. 


Untuk itu, kini meraih karir sebagai staff penerbangan bukan lah hal yang mudah. Selain harus memenuhi beberapa persyaratan yang sudah menjadi ketentuan mutlak dari perusahaan penerbangan, calon staff penerbangan juga harus mengikuti serangkaian tes seleski yang cukup njelimet. 


Mulai dari tes penampilan, tes psikotes dan bahasa Inggris, tes wawancara hingga tes kesehatan. Untuk itu kini di Indonesia sendiri hadir 4 buah kampus terbaik yang menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan jurusan staff penerbangan yang akan menjembatani calon staff penerbangan agar siap dalam menghadapi serangkaian tes tersebut. 

Baca juga: Daftar Sekolah Staff Bandara


Informasi Pendaftaran Sekolah Staff Penerbangan 

Sejak tahun 2010 silam, Sekolah Penerbangan Terbaik yang dikenal dengan nama PSPP Penerbangan (Lampung) mulai menyelenggarakan program pendidikan bagi calon pramugari dan staff penerbangan. Dengan didukung oleh instructur yang sudah berpengalaman dan tentunya berkompeten dibidangnya serta dukungan fasilitas yang memadai membuat PSPP Penerbangan dapat mengantarkan ribuan alumninya sukses berkarir di maskapai penerbangan. Baik sebagai pramugari maupun staff penerbangan. 


Apakah Staff Penerbangan Yang Sedang Hamil Boleh Bertugas?
Apakah Staff Penerbangan Yang Sedang Hamil Boleh Bertugas?

Berkat kepercayaan masyarakat untuk terus memilih PSPP Penerbangan meski sebetulnya diluar sana juga terdapat lembaga yang menyelenggarakan pendidikan jurusan staff penerbangan dan pramugari akhirnya kini PSPP Penerbangan sudah membangun 3 kampus serupa yang terdapat di 3 kota yang berbeda yaitu di Jakarta, Yogyakarta dan Makassar. Jadi sejak tahun 2016 silam kampus PSPP Penerbangan sudah ada di 4 kota yaitu di Bandar Lampung, Jakarta, Yogyakarta dan Makassar. 



Dan tentunya dengan kualitas yang terus ditingkatkan oleh semua pihak membuat kampus ini tetap eksis ditengah banyaknya lembaga serupa yang mungkin sudah ada di seluruh Indonesia. 


Saat ini PSPP Penerbangan kembali membuka pendaftaran dan penerimaan peserta didik baru untuk periode pendidikan tahun 2019. Bagi Anda yang tertarik untuk bergabung dengan PSPP Penerbangan Anda bisa mengikuti pendaftaran secara online melalui website ini. Pendaftaran sudah dapat diikuti sejak Anda masih duduk di kelas 12 SMA/K sederajat. Jadi tunggu apalagi?? Karena kuota yang tersedia di masing-masing kampus sangat terbatas. 


Informasi pendaftaran selengkapnya silakan langsung menghubungi panitia pendaftaran dan penerimaan peserta didik baru PSPP Penerbangan All Cabang melalui kontak di bawah ini: 

Kak Diyan 
WA/LINE 0822 2500 7272 
Formulir Pendaftaran KLIK DISINI 
Fanspage https://fb.me/PSPPSekolahPramugari1
IG https://www.instagram.com/daftarpramugari/ 
LinkedIn https://www.linkedin.com/in/pendidikanpramugari 
Pinterest https://id.[interest.com/pendidikanpramugari/ 

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan terkait kegalauan mengenai apakah Staff Penerbangan Yang Sedang Hamil Boleh Bertugas? Semoga dapat menjawab rasa penasaran yang selalu menghantui Anda 😉. 

Baca juga: 
1. Perbedaan Staff & Pramugari 
2. Tes Keperawanan di Penerbangan

Tidak ada komentar