Breaking News

Bagaimana Cara Kerja Staff Bandara Itu? Temukan Jawabannya Disini!

Sudahkah Kamu Mengenal Cara Kerja Staff Bandara Itu Seperti Apa? Staff Bandara merupakan salah satu profesi dalam dunia penerbangan yang memiliki peranan penting dalam kelancaran proses penerbangan. Meski demikian belum banyak masyarakat awam bahkan mereka yang sering bepergian menggunakan pesawat terbang sekalipun yang mengenali profesi ini.

Bagaimana Cara Kerja Staff Bandara Itu? Temukan Jawabannya Disini!
Bagaimana Cara Kerja Staff Bandara Itu? Temukan Jawabannya Disini!

Staff Bandara memang tidak se-familiar pramugari maupun pilot. Namun begitu pentingnya peranan staff bandara dalam penerbangan tentunya membuat profesi ini juga cukup menjanjikan. Maka dari itu bagi kamu yang mungkin kurang menyukai pekerjaan yang berpindah-pindah layaknya pramugari atau pilot. Staff bandara tentunya daoat menjadi alternatif karir untuk tetap bergabung di dunia penerbangan.

Tahukah kamu siapa yang dimaksud dengan sebutan staff bandara itu? Apakah semua karyawan yang bekerja di bandara kemudian disebut staff bandara? Rupanya staff bandara merujuk pada sebuah profesi yang sebetulnya dalam dunia penerbangan dikenal dengan sebutan ground staff atau staff darat Mengenai Cara Kerja Staff Bandara nanti akan admin jelaskan juga dalam kesempatan ini.

Definisi Staff Bandara, Staff Airlines atau Staff Penerbangan

Staff Bandara dikenal juga dengan sebutan staff airlines atau staff penerbangan. Sedangkan dalam dunia penerbangan sendiri disebut sebagai ground staff. Tak jarang juga penumpang menjuluki mereka yang menggeluti profesi ini dengan sebutan pramugari darat.

Cukup masuk akal, karena tugasnya sebetulnya tidak berbeda jauh dengan pramugari. Hanya saja untuk pramugari tugas dan tanggung jawabnya lebih kepada keselamatan dan kenyamanan penumpang selama penerbangan. Sedangkan staff bandara menyangkut pelayanan kepada penumpang selama di bandara baik sebelum maupun setelah penerbangan.

Yang Perlu Diperhatikan Untuk Menjadi Staff Bandara

Bekerja di dunia penerbangan dengan tugas dan tanggung jawab yang terbilang cukup berat tentu saja bukanlah hal yang mudah. Termasuk ketika kamu ingin menjadi staff bandara. Untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada para penumpang pesawat terbang tentunya membutuhkan banyak sekali persiapan baik dalam segi skill maupun knowledge. Apalagi bandara sendiri merupakan pintu gerbang masuknya para pendatang atau orang asing dari luar negeri. Dan tidak setiap orang bisa datang dan masuk ke kawasan ini.

Maka dari itu jika kamu memiliki cita-cita untuk berkarir di dunia penerbangan tentunya kamu harus menyiapkan banyak hal agar bisa diterima di perusahaan penerbangan yang hendak kamu lamar. Karena selain kualifikasi untuk bisa menjadi staff bandara itu tidak gampang, persaingan untuk mendapatkan pekerjaan ini juga tentunya sangat ketat. Karena namanya pekerjaan bergengsi tentu banyak yang ingin mendapatkannya juga.

Bidang Tugas & Cara Kerja Staff Bandara atau Ground Staff

Staff bandara rupanya memiliki cakupan tugas yang cukup luas. Karena gambaran umumnya adalah melayani penumpang selama di bandara baik sebelum maupun setelah penerbangan Dengan memperhatikan cakupan tugas yang cukup luas tersebut, maka bidang tugas staff bandara mencakup semua pelayanan yang diberikan. Untuk kenyamanan, keselamatan, dan keamanan para penumpang. Jika diperinci lagi, maka tugas-tugas itu mencakup:

Kualifikasi Untuk Bekerja Menjadi Staff Bandara

Seperti yang admin singgung diatas, bahwa untuk mendapatkan pekerjaan ini dibutuhkan kualifikasi yang cukup kompleks. Karena staff bandara bukanlah pekerjaan main-main mengingat tugasnya yang harus melayani penumpang tersebut.

Bagaimana Cara Kerja Staff Bandara Itu? Temukan Jawabannya Disini!
Bagaimana Cara Kerja Staff Bandara Itu? Temukan Jawabannya Disini!


Namun menariknya kamu tidak dituntut untuk menempuh pendidikan hingga jenjang tinggi agar bisa berkarir di profesi ini. Kebanyakan lowongan staff bandara masih diperuntukkan untuk lulusan SMA/K sederajat namun dengan sistem seleksi yang cukup ketat. Tentu saja untuk mengetahui sejauh mana skill dan knowledge yang dimiliki pelamar untuk bisa melaksanakan tugasnya dengan baik.

Syarat Menjadi Staff Bandara secara umum meliputi:
  • Pria atau wanita berusia minimal 18 tahun
  • Memiliki tinggi badan minimal 165 cm untuk pria dan minimal 158 cm untuk wanita
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Pendidikan minimal SMA/K sederajat
  • Tidak buta warna dan hepatitis
  • Belum pernah menikah
  • Berpenampilan menarik dan berkelakuan baik
  • Menguasai Bahasa Inggris
  • \Dapat berkomunikasi dengan baik
  • Merupakan pribadi yang suple
Untuk memenuhi kualifikasi diatas, kamu bisa mengembangkan potensi yang sebelumnya telah kamu miliki dengan bergabung di Sekolah Staff Bandara seperti FAAST Penerbangan.

Informasi Pendaftaran FAAST Penerbangan

Sebagai lembaga yang hadir untuk menjawab tantangan perkembangan industri penerbangan yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Setiap tahunnya FAAST selalu membuka pendaftaran dan penerimaan siswa-i baru. Saat ini pun telah berlangsung proses pendaftaran dan seleksi masuk FAAST Penerbangan secara online.

Proses pendaftaran dan seleksi dilakukan secara online untuk mempermudah calon pendaftar yang berasal dari luar kota. Karena kebetulan peminat yang ingin bergabung dengan FAAST memang bukan hanya mereka yang tinggal di kota Yogyakarta saja tetapi juga dari berbagai wilayah di Indonesia seperti Pulau Sumatera, pulau Sulawesi, Kalimantan, Nusa Tenggara, bahkan dari Papua.

Bagi kamu yang ingin bergabung dan mengikuti pendaftarannya, namun masih ragu atau membutuhkan konsultasi terlebih dahulu. Kamu bisa langsung menghubungi panitia pendaftaran melalui whatsapp: 0822-2500-7272. Namun jika sudah yakin untuk mendaftar, kamu bisa mengisi formulir pendaftaran dengan cara klik gambar di bawah ini:

Demikian informasi yang dapat admin sampaikan terkait "Bagaimana Cara Kerja Staff Bandara Itu? Temukan Jawabannya Disini!" Jika dirasa bermanfaat, jangan lupa untuk membagikan artikel ini melalui tautan sharing. Terimakasih dan sampai jumpa pada artikel-artikel berikutnya.

Tidak ada komentar